Dr. KH. Usman Umar : Ini Enam Kesepakatan Umat Beragama di Jakarta Selatan

JAKARTA –Ratusan anggota Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) se-Jakarta Selatan menggelar silaturrahim dan Dialog Tokoh Lintas Agama untuk merumuskan enam kesepakan beragama.

Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Jakarta Selatan M. Matsani, mengatakan, dialog antara umat beragama, sangatlah penting di tengah masyarakat. Sebab melalui dialog seperti ini tentu akan tercipta berbagai solusi, terkait permasalahan-permasalahan apa saja, yang dihadapi oleh setiap warga Indonesia.
Dikatakan oleh Matsani, dalam dialog ini menyampaikan enam rumusan beragama, yang telah dibuat oleh sekitar 250 pemuka agama.

Keenam rumusan ini kata Matsani antara lain, pertama setiap pemeluk agama memandang pemeluk agama lain sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan dan saudara sebangsa.

Kedua, setiap pemeluk agama memperlakukan pemeluk agama lain dengan niat dan sikap baik, empati, penuh kasih sayang, dan sikap saling menghormati.

Ketiga, setiap pemeluk agama bersama pemeluk agama lain mengembangkan dialog dan kerja sama kemanusiaan untuk kemajuan bangsa.

Keempat, setiap pemeluk agama tidak memandang agama orang lain dari sudut pandangnya sendiri dan tidak mencampuri urusan internal agama lain.

Sedangkan kelima setiap pemeluk agama menerima dan menghormati persamaan dan perbedaan masing-masing agama, dan tidak mencampuri wilayah doktrin/akidah/keyakinan dan praktik peribadatan agama lain.

“Untuk keenam setiap pemeluk agama berkomitmen bahwa kerukunan antar umat beragama tidak menghalangi penyiaran agama, dan penyiaran agama tidak menggangu kerukunan antar umat beragama,” ucapnya.

Kepala FKUB, Jakarta Selatan. Abdul Mufti menambahkan, memang asalnya FKUB ini menjadi wadah bagi para tokoh-tokoh agama yang ada di Indonesia, termasuk Jakarta Selatan. Makanya dirinya sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini.

“FKUB ini seperti MUI, Persatuan Gereja Indonesia atau PGI, PHDI, dan lainnya. Jadi wakil-wakilnya berkumpul, baik di tingkat DKI ataupun tingkat wilayah. Untuk itu melalui FKUB ini mari menjaga tali silahturohmi semakin erat,”ujar Abdul Mufti.(wandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *